Tafsir Surah An Nisaa 166

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah An-Nisaa' 166


لَّـكِنِ اللّهُ يَشْهَدُ بِمَا أَنزَلَ إِلَيْكَ أَنزَلَهُ بِعِلْمِهِ وَالْمَلآئِكَةُ يَشْهَدُونَ وَكَفَى بِاللّهِ شَهِيدًا

(Mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu), tetapi Allah mengakui Al Qur'an yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya.

Walaupun orang-orang Yahudi itu mengingkari kenabian Muhammad saw, dan tidak mau menjadi saksi atas kebenarannya namun Allah SWT. yang menjadi saksi atas kebenaran Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Dan Allah SWT, memperkuat lagi kesaksian-Nya dengan menyatakan bahwa Allah telah menurunkan Alquran itu dengan ilmu-Nya yang tertentu, yang belum pernah diketahui oleh Nabi Muhammad dan kaum mukminin, dengan rangkaian dan susunan kata-katanya yang indah dan permai, bukan prosa, bukan puisi, berisi ilmu dan hikmah yang padat, tidak mungkin ditiru oleh siapapun juga, sanggup menghadapi tantangan zaman kapan saja dan di mana saja, mengandung segala ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sesuai dengan firman Allah:

مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ 

Artinya:
"Tiadalah Kami alpakan sesuatupun di dalam Al Kitab"
(Q.S. Al-An'am: 38)

Maksudnya dalam Alquran telah ada pokok-pokok agama, norma-nonna, hikmah-hikmah dan pimpinan untuk kebahagiaan manusia di dunia dan di akhirat dan kebahagiaan makhluk pada umumnya, Alquran mengandung berita-berita yang gaib tentang masa lampau, masa sekarang dan masa mendatang, dan barangsiapa yang dengan tekun mempelajari Alquran insya Allah akan bertambah yakin atas kebenarannya dan sanggup pula menjadi saksi. Dan sekalian para malaikatpun terutama Jibril yang jadi perantara dalam turunannya Alquran itu, ikut menjadi saksi alas kebenarannya. Sebenarnya cukup dengan kesaksian dari Allah, sebab tidak ada yang lebih benar dan tepercaya dari pada kesaksian Allah SWT.

Asbabun Nuzul Indonesia Depag Surah An-Nisaa' 166

Ibnu Ishak telah meriwayatkan sebuah hadis dari Ibnu Abbas, bahwa segolongan orang-orang Yahudi datang berkunjung kepada Rasulullah saw., lalu Rasulullah saw. bersabda kepada mereka, "Sesungguhnya aku telah mengetahui bahwa kamu sekalian mengetahui aku adalah utusan Allah." Mereka menjawab, "Kami tidak mengetahui hal itu," kemudian Allah swt. menurunkan ayat, "Tetapi Allah mengakui Alquran yang diturunkan-Nya kepadamu..." (Q.S. An-Nisa 166).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.