Tafsir Surah An Nisaa 159

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah An-Nisaa' 159


وَإِن مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلاَّ لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya ('Isa) sebelum kematiannya [380]. Dan di hari kiamat nanti 'Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

[380] Tiap-tiap orang Yahudi dan Nasrani akan beriman kepada 'Isa sebelum wafatnya, bahwa dia adalah Rasulullah, bukan anak Allah. Sebagian mufassirin berpendapat bahwa mereka mengimani hal itu sebelum wafat.

Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, baik Yahudi maupun Nasrani, melainkan akan beriman kepada Nabi Isa as dengan iman yang sebenarnya sebelum mereka itu mati, yaitu ketika menghadapi sakaratul maut. Orang-orang Yahudi akan beriman, bahwa Nabi Isa as itu utusan Allah dan kalimat-Nya yang ditiupkan kepada Maryam dan sebagian roh ciptaan Allah. Orang-orang Nasrani pun akan beriman bahwa Nabi Isa as itu adalah hamba Allah dan kalimat-Nya, bukan Allah dan bukan pula anak Allah. Keimanan mereka yang sedemikian itu tidak berguna lagi sebab dinyatakan setelah roh mereka sampai di tenggorokan, setelah mereka melihat tanda-tanda di alam akhirat. Tercantum dalam firman Allah:

يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ ءَايَاتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِنْ قَبْلُ 

Artinya:
"Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu"
(Q.S. Al-An'am: 158)

Ada pula sebagian ulama yang menafsirkan ayat ini demikian tidak ada seorangpun dari ahli kitab, melainkan akan beriman kepada Nabi Isa as dengan iman yang sebenarnya sebelum Nabi Isa itu wafat. Beliau akan diturunkan lagi ke dunia dari langit di akhir zaman untuk memperbaiki nasib umat Islam setelah dirusak oleh Dajal.

Berdasarkan beberapa hadis sahih, riwayat Bukhari dan Muslim dan lain-lain: Nabi Isa as akan turun ke dunia, nanti pada akhir zaman, beliau akan memecahkan salib, lambang umat Nasrani, akan memusnahkan babi dan segala kekejian. Setelah itu dunia akan mengalami kesuburan, keamanan dan kesejahteraan yang adil dan merata. Ketika itu ahli kitab dari Yahudi dan Nasrani akan beriman semuanya kepada Nabi Isa as sebelum wafat, dun setelah wafat beliau dimakamkan di samping makam Nabi Muhammad saw di Madinah. Dan turunnya beliau ke dunia ini adalah untuk menegakkan syariat Muhammad saw sehingga Nabi Muhammad saw tetap menjadi saksi atas keimanan atau kekafiran ahli kitab, seperti dijelaskan dalam firman Allah:

فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلَاءِ شَهِيدًا 

Artinya:
"Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti) apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)"
(Q.S. An Nisa': 41)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.