Tafsir Surah An Nisaa 139

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah An-Nisaa' 139


الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَيَبْتَغُونَ عِندَهُمُ الْعِزَّةَ فَإِنَّ العِزَّةَ لِلّهِ جَمِيعًا

(yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mu'min. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu ? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah.

Kemudian Allah SWT menerangkan sifat-sifat mereka yang pantas dicela, yaitu orang-orang munafik itu sebenarnya bersekongkol dengan orang orang kafir yang memusuhi orang-orang mukmin dan tidak mengacuhkan orang-orang mukmin bahkan dalam saat-saat yang penting mereka membantu orang-orang kafir, karena mereka berkeyakinan bahwa kemenangan akan diperoleh orang-orang kafir.

Sikap mereka itu dicela oleh Allah, karena harapan mereka mendapatkan kekuatan dari orang-orang kafir tetapi kekuatan itu tidak akan mereka peroleh, sebab kekuatan dan perlindungan itu pada hakikatnya di tangan Allah. Allahlah yang memberikan kekuatan dan perlindungan itu, menurut kehendak-Nya kepada orang-orang yang betul-betul beriman dan mematuhi segala petunjuk-petunjuk-Nya.

Petunjuk Allah itu disampaikan melalui Rasul dan merekalah yang menjelaskan jalan yang hares ditempuh guna memperoleh petunjuk itu. Maka kekuatan dan perlindungan Allah, akan dimiliki oleh orang-orang mukmin, apabila mereka itu tetap berpegang kepada Kitab Allah dan selalu berpedoman pada hidayah-Nya. Akan tetapi orang-orang yang munafik tidak melihat kekuatan dan perlindungan yang gaib itu, mereka hanya terpedaya oleh kekuatan dan perlindungan lahir yang sifatnya tidak lelap itu. Dan merekapun tidak akan memperoleh apa yang diharapkannya.

Berkenaan dengan itu Allah berfirman:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا 

Artinya:
Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allahlah kemuliaan itu semuanya"
(Q.S. Fatir: 10)

Dan firman Nya

وَلِلَّهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَلَكِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَا يَعْلَمُونَ 

Artinya:
"Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi yang-orang mukmin, tetapi orang-orang munafik itu tidak mengetahui"
(Q.S. Al-Munafiqun: 8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.