Tafsir Surah Ali Imran 31

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Ali 'Imran 31

Katakanlah: `Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.` Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. 3:31)

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Diriwayatkan, bahwa ayat ini diturunkan ketika Rasulullah saw, menyeru Ka'ab bin Al Asyraf dan orang-orang Yahudi yang mengikutinya agar mereka beriman, Ialu mereka mengatakan: "Kami ini anak-anak Allah dan kekasih Nya" . Karena itu maka Allah menyuruh Rasulullah saw, supaya mengatakan kepada mereka: "Aku ini utusan Allah kepadamu sekalian. akan menyeru kamu agar beriman kepada Nya. Jika kamu mencintai Allah maka ikutilah aku dan kerjakanlah perintahku. Niscaya Allah mencintai dan meridai kamu.

Jika orang Yahudi hendak menaati Allah dan ingin mengerjakan amal-amal yang mendekatkan diri kepada Nya untuk memperoleh pahala dari pada Nya, maka hendaklah mereka mengakui kerasulan Nabi Muhammad saw yaitu dengan melaksanakan apa-apa yang terkandung dalam wahyu yang diturunkan Allah kepadanya. Jika mereka telah berbuat demikian niscaya Allah meridai mereka dan memaafkan segala kesalahan-kesalahan yang telah mereka lakukan. serta mengampuni dosa-dosa mereka. mengikuti Rasul dengan sungguh-sungguh baik dalam i'tikad maupun dengan urusan-urusan amal saleh akan menghilangkan bekas-bekas maksiat dan kekejian jiwa mereka serta menghapuskan kelaliman.

Ayat ini memberikan keterangan yang kuat untuk mematahkan pengakuan orang-orang yang mengaku mencintai Allah pada setiap saat, sedang amal perbuatannya berlawanan dengan ucapan-ucapan itu. Bagaimana mungkin dapat berkumpul pada diri seorang cinta kepada Allah dan membelakangi perintah-perintah Nya. Siapa yang mencintai Allah, tapi tidak mengikuti jalan dan petunjuk Rasulullah saw, maka pengakuan cinta itu adalah palsu dan dusta, Rasulullah bersabda:

من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد

Artinya:
"Barangsiapa melakukan perbuatan tidak berdasarkan perintah kami maka perbuatan itu ditolak".
(HR Bukhari)

Barang siapa mencintai Allah dengan penuh ketaatan, serta mendekatkan diri kepada Nya dengan mengikuti Nabi Nya, yang dalam hal ini berarti membersihkan dirinya dengan amal saleh, maka Allah mengampuni dosa-dosanya.

Asbabun Nuzul Indonesia Depag Surah Ali 'Imran 31

Ibnu Munzir mengetengahkan dari Hasan, katanya, "Berkata beberapa golongan di masa Nabi saw., 'Demi Allah, wahai Muhammad! Sungguh kami amat mencintai Tuhan kita' Maka Allah pun menurunkan, 'Katakanlah! Jika kamu benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku...'" (Q.S. Ali Imran 31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.