Tafsir Surah Ali Imran 91

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Ali 'Imran 91

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang di antara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.(QS. 3:91)

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الْأَرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَى بِهِ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ

Allah SWT menyatakan dengan tandas bahwa orang-orang yang bergelimang dalam kekafiran, dan terombang-ambing oleh perbuatan-perbuatan yang jahat, hingga ajal telah merenggut mereka, sedang mereka masih tetap dalam kekafirannya, sedikitpun mereka tidak akan diterima tebusannya, meskipun jumlah tebusan itu senilai dengan kekayaan emas seluruh isi bumi. Maksudnya ialah, andaikata mereka bersedekah dengan emas seberat isi bumi untuk dijadikan tebusan dosanya yang telah mereka lakukan, maka pahalanya tidak akan mampu untuk menyelamatkan dia dari siksaan neraka. Sebabnya ialah kekafiran itu melenyapkan amal-amal kebaikan mereka.

Yang dihargai Allah pada hari akhirat hanyalah iman kepada Allah, hari yang akhir, dan amal saleh yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keterangan serupa ini dapat dilihat dalam firman Allah:

فاليوم لا يؤخذ منكم فدية ولا من الذين كفروا مأواكم النار هي مولاكم وبئس المصير

Artinya:
Maka pada hari ini tidak diterima tebusan dari kamu dan tidak pula dari orang-orang kafir. Tempat kamu ialah neraka. dialah tempat berlindungmu. dan dia adalah sejahat-jahatnya tempat kembali. (Q.S Al Hadid: 15)

Dengan demikian dapatlah dikatakan, bahwa pada Hari itu tidak ada jalan bagi mereka untuk menyelamatkan diri, baik dengan hartanya, maupun dengan pangkatnya. Segala urusan pada hari itu hanyalah didasarkan semata-mata pada kesucian jiwa, maka barangsiapa yang memelihara kesucian jiwanya dengan iman dan amal saleh mereka itu akan berbahagia. Sebaliknya, barangsiapa yang mengotorinya dengan kekafiran dan dengan amal yang jahat, ia akan merugi dalam arti yang sebenar-benarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.