Al-A'raf 191

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-A'raf Ayat 191


أَيُشْرِكُونَ مَا لاَ يَخْلُقُ شَيْئاً وَهُمْ يُخْلَقُونَ

Apakah mereka mempersekutukan (Allah dengan) berhada-berhala yang tak dapat menciptakan sesuatupun? Sedangkan berhala-berhala itu sendiri buatan orang.

Kemudian Allah swt. dalam ayat ini mencela keras sikap, pikiran dan tingkah laku orang-orang musyrik itu. Mereka mempersekutukan Allah dengan berhala-berhala yang tidak dapat menciptakan sesuatu pun walaupun berhala itu benda yang rendah. Padahal berhala-berhala itu sendiri dibikin oleh tangan manusia. Tidaklah wajar bagi orang yang punya pikiran, menjadikan berhala itu sebagai sembahan, baik dia dipandang sebagai sekutu Allah dalam menerima ibadah atau pun sebagai perantara antara manusia dengan Allah swt. Sebab segala pujian atau sembahan kepada selain Allah sedikit pun tidak ada faedahnya.

Firman Allah swt.:

يَاأَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

Artinya:
Hai manusia telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.
(Q.S Al Hajj: 73)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.