Al-A'raf 181

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-A'raf Ayat 181


وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ

Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan.

Dalam ayat ini Allah swt. menjelaskan bahwa Dia menciptakan juga suatu umat yang besar jumlahnya untuk menempati surga. Mereka terdiri atas umat-umat dan suku-suku yang berjuang untuk membimbing manusia ke jalan yang benar serta mendidik mereka berpendirian teguh. Mereka menegakkan keadilan dan kebenaran yang telah ditetapkan Allah swt. dan tidak ada pilihan lain bagi mereka kecuali jalan Allah itu. Mereka inilah umat Nabi Muhammad saw.

Berkata Rasulullah saw. berhubungan dengan ayat ini:

هذه أمتي بالحق يحكمون ويأخذون ويعطون

Artinya:
Inilah umatku dengan kebenaran mereka memerintah, menetapkan keputusan-keputusan, mengambil (hak mereka) dan memberikan (hak orang lain).
(H.R Bukhari dan Muslim dalam Sahihain)

Berkata lagi Rasulullah saw.:

لا تزال طائفة من أمتي ظاهرين على الحق لا يضرهم من خذلهم ولا من خالفهم حتى تقوم الساعة

Artinya:
Senantiasa ada segolongan umatku yang menegakkan kebenaran, siapa yang menghina mereka dan menentang mereka tidaklah dapat menyusahkan mereka sehingga hari kiamat.
(H.R Jair, Ibnu Munzir, Abu Syaikh, dari Ibnu Juraij)

Dari hadis-hadis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ijmak ulama menjadi hujah pada setiap masa, dan pada tiap masa itu pasti ada orang-orang yang ahli ijtihad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.