Al-A'raf 194

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-A'raf Ayat 194


إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِ اللّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ فَادْعُوهُمْ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لَكُمْ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu seru selain Allah itu adalah makhluk (yang lemah) yang serupa juga dengan kamu. Maka serulah berhala-berhala itu lalu biarkanlah mereka mmperkenankan permintaanmu, jika kamu memang orang-orang yang benar.

Dalam ayat ini Allah swt. menandaskan bahwa sembahan-sembahan selain Allah yang menjadi tujuan doa kaum musyrikin itu sebenarnya makhluk seperti mereka sendiri. Doa adalah pengharapan dari orang yang mengucapkannya kepada siapa saja yang dipandangnya mempunyai kekuatan yang lebih besar dari dia untuk memenuhi pengharapan itu, baik untuk mendapatkan kemanfaatan atau pun untuk menolak kesusahan dan kerugian. Mengapa mereka memanjatkan doa kepada berhala-berhala itu yang sebenarnya makhluk Allah seperti mereka sendiri sama-sama tunduk kepada kudrat dan iradat Allah swt.? Tidaklah masuk akal, jika mereka memohonkan kepada berhala-berhala itu sesuatu yang mereka sendiri, dan juga berhala-berhala itu tidak dapat mencapainya. Seharusnya mereka memanjatkan doa kepada Tuhan Pencipta dan Pengatur segala sebab dan akibat dalam alam ini. Segala benda mati dan benda hidup di dalam alam ini semua tunduk kepada sunah-Nya. Akan tetapi jika kaum musyrik itu meyakini bahwa kepercayaan mereka benar yaitu benda-benda berhala itu kuasa memberi kemanfaatan atau pun menolak kemudaratan yang tak sanggup dikerjakan oleh manusia, biarlah mereka berdoa kepada benda-benda berhala itu kalau doa itu dapat dikabulkan oleh berhala itu. Sesungguhnya sesatlah pikiran orang-orang yang memandang bahwa benda mati itu punya daya dan kekuatan seperti Tuhan Pencipta-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.