Al-A'raf 99

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-A'raf Ayat 99


أَفَأَمِنُواْ مَكْرَ اللّهِ فَلاَ يَأْمَنُ مَكْرَ اللّهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.

Dalam ayat ini sekali lagi Allah swt. mengulangi celaan-Nya terhadap tingkah-aku orang-orang kafir: "Apakah mereka merasa aman terhadap siksaan Allah yang tidak terduga-duga"? Kemudian Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang semacam itu kelakuannya adalah termasuk orang-orang yang merugi.

Dengan firman-Nya ini Allah swt. menegaskan bahwa orang yang berakal sehat dan memegang teguh fitrah yang dikaruniakan-Nya kepada manusia serta memperhatikan kejadian-kejadian sejarah dan memperhatikan ayat-ayat Allah tentu tidak akan merasa aman dari kedatangan azab-Nya. Akan tetapi mereka yang ingkar ini benar-benar telah kehilangan akal yang sehat serta fitrah yang dikaruniakan Allah kepada mereka dan tidak pula mau memperhatikan peristiwa-peristiwa sejarah serta ayat-ayat Allah sehingga mereka ini betul-betul telah menjadi orang-orang yang merugi. Mereka sudah kehilangan kekhawatiran terhadap siksaan Allah padahal mereka senantiasa berbuat kemaksiatan dan kemusyrikan.

Bagi orang-orang yang beriman sikap yang tepat ialah yakin tentang sifat pemaaf dan pengasih yang ada pada Allah tetapi ia senantiasa takut kepada siksaan-Nya yang mungkin datang menimpa dirinya tanpa diduga sebelumnya sebagai akibat dari perbuatan yang dilakukannya. Oleh sebab itu akan senantiasa berhati-hati dan menghindarkan diri dari hal-hal yang akan menyebabkan datangnya siksaan tersebut pada dirinya.

Oleh Alquran orang-orang kafir biasa juga disebut "orang-orang merugi". Maka orang-orang yang kehilangan rasa kekhawatiran terhadap siksaan Allah sama halnya dengan orang-orang yang berputus asa terhadap ampunan dan rahmat Allah. Kedua sifat tersebut adalah termasuk sifat-sifat orang kafir yang disebut juga orang-orang yang merugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.