Tafsir Surah Al Baqarah 159

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al Baqarah 159


Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati,(QS. 2:159)

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ

Dalam ayat ini disebutkan lagi sifat-sifat ahli Kitab tersebut dan bahwa mereka mendapat laknat dari Allah, malaikat dan manusia seluruhnya. Ayat ini turun mengenai pendeta-pendeta Yahudi. Mereka menyembunyikan terhadap kaum mereka sifat-sifat Nabi Muhammad yang tersebut dalam kitab-kitab mereka, agar orang-orang Yahudi itu jangan masuk Islam. Orang-orang ahli Kitab yang selalu menyembunyikan kebenaran Islam dan kebenaran Nabi Muhammad saw. padahal yang demikian itu telah tertulis dengan nyata dan jelas dalam kitab-kitab mereka, adalah orang-orang yang telah sewajarnya mendapat laknat dari Allah dan dijauhkan dari rahmat dan kasih sayang-Nya dan wajar pula bila dimintakan laknat untuk mereka oleh malaikat dan manusia seluruhnya. Hukum mengenai kutukan bagi orang yang menyembunyikan ilmu pengetahuan yang sebenarnya mesti disiarkan dan dikembangkan tidak hanya terbatas pada Ahli Kitab itu, bahkan mencakup semua orang yang bersifat seperti itu.

Hal ini dikuatkan oleh sebuah hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau bersabda:

من سئل عن علم فكتمه ألجم يوم القيامة بلجام من نار

Artinya:
Barangsiapa ditanyakan kepadanya tentang sesuatu ilmu yang diketahuinya tetapi tidak mau menerangkannya kepada penanya itu, maka Allah akan membelenggunya dengan belenggu api pada hari kiamat. (HR Ibnu Majah dari Abu Hurairah)

Abu Hurairah berkata: "Kalau tidaklah karena takut akan ancaman Allah dalam ayat ini (ayat 159) tentulah saya tidak akan meriwayatkan suatu hadis pun dari Rasulullah." Karena itu seorang muslim berkewajiban menyampaikan ilmu yang dimilikinya baik yang berupa pengetahuan agama maupun berupa pengetahuan umum, yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan bila diketahui akan ada pelanggaran terhadap hukum agama itu atau penyelewengan dari akidah yang benar, seperti tersiarnya bid'ah dan aliran-aliran kepercayaan yang bertentangan dengan tauhid, haruslah para ulama bangun serentak untuk membetulkannya, baik dengan lisan maupun tulisan. Dengan demikian akan tetaplah terpelihara kesucian agama dan kemurniannya.

Orang-orang Yahudi mendapat laknat adalah karena mereka selalu menyembunyikan kebenaran. Bila mereka melihat sesuatu yang mungkar atau yang tidak benar, mereka diam saja dan tidak berusaha untuk mencegah atau memperbaikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.