Tafsir Surah Al Baqarah 131

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Baqarah 131


Ketika Tuhannya berfirman kepadanya:` Tunduk patuhlah! Ibrahim menjawab: `Aku tuduk patuh kepada Tuhan semesta alam`.(QS. 2:131)

إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ

Pada ayat ini Allah memerintahkan agar Ibrahim menjadi muslim, mengakui keesaan Allah dan memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya saja. Yang dimaksud dengan "tunduk patuhlah" di sini ialah tunduk dan patuh kepada agama Allah, agama yang sesuai dengan akal pikiran serta dengan dalil-dalil atau bukti-bukti yang nyata, agama yang akan dilanjutkan penyampaiannya oleh rasul-rasul yang datang kemudian, termasuk Nabi Muhammad saw.

Karena itu Ibrahim a.s. langsung menjawab perintah Allah itu tanpa menanyakan sesuatu pun: "Aku tunduk dan patuh kepada Tuhan semesta alam". Maksudnya ialah memurnikan ketaatan dan ketundukan hanya kepada Allah saja; seluruh wajahku aku hadapkan kepada-Nya; ibadatku, hidupku dan matiku untuk Tuhan semesta alam.

Firman Allah swt.:

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Artinya:
Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (Q.S Al An'am: 79)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.