Tafsir Surah Al Baqarah 123

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al Baqarah 123


Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafaat kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong.(QS. 2:123)

وَاتَّقُوا يَوْمًا لَا تَجْزِي نَفْسٌ عَنْ نَفْسٍ شَيْئًا وَلَا يُقْبَلُ مِنْهَا عَدْلٌ وَلَا تَنْفَعُهَا شَفَاعَةٌ وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ

Pada ayat ini Allah menegaskan lagi peringatan-Nya kepada Bani Israil agar selalu mengikuti agama Allah. Hendaklah mereka ingat akan kedatangan suatu hari yang pada hari itu tidak ada sesuatu pun yang dapat menolong kecuali Allah.

Pada hari itu seseorang tidak dapat menolong orang yang lain menghindari diri dari azab Allah, tiap-tiap orang bertanggung jawab atas segala perbuatan yang pernah dilakukannya. Seseorang tidak dapt menebus dosanya degnan harta apa pun dan seseorang tidak dapat menggantikan orang lain memikul azab. 133)

Ayat ini memperingatkan orang-orang yang beriman agar selalu menjaga diri dari azab hari kiamat dengan melaksanakan semua perintah Allah dan menghentikan larangan-larangan-Nya. Ingatlah dan syukurilah nikmat Allah yang tidak terhingga yang telah dilimpahkan-Nya kepadamu agar ditambah-Nya nikmat itu. Beribadahlah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.