Tafsir Surah Al Maidah 98

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 98


اعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ وَأَنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Pada ayat ini Allah swt. menerangkan janji-janji dan ancaman terhadap orang-orang yang melanggar larangan-larangan Allah swt. Setelah Allah swt. menjelaskan bahwa semua balasan atas perbuatan-perbuatan yang jelek adalah di tangan-Nya dan Dia mengetahui segala sesuatu yang diperbuat hamba-Nya, maka Allah menegaskan lagi tugas Rasul-Nya, yaitu menyampaikan risalah, yakni menyampaikan hukum-hukum, peraturan-peraturan dan petunjuk-petunjuk-Nya, serta janji dan ancaman-Nya. Apabila semuanya itu telah dilaksanakan oleh Rasul tersebut, selesailah tugasnya, dan lepaslah ia dari tanggung jawabnya.

Adapun memberikan pahala kepada orang-orang yang taat dan menimpakan azab kepada orang-orang yang durhaka adalah hak dan wewenang Allah swt. semata-mata.

Dan pada akhir ayat ini, kembali Allah swt. menegaskan, bahwa Dia senantiasa mengetahui apa-apa yang diperbuat manusia secara terang-terangan, maupun yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, termasuk gerak-gerik hati sanubari mereka. Ini merupakan peringatan keras dari Allah swt. kepada orang-orang yang tidak menaati peraturan dan hukum-hukum-Nya. Oleh sebab itu, sepantasnyalah manusia bertakwa kepada-Nya, dan tidak menyalahi perintah-perintah-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.