Al An'am 4

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al An'am 4


وَمَا تَأْتِيهِم مِّنْ آيَةٍ مِّنْ آيَاتِ رَبِّهِمْ إِلاَّ كَانُواْ عَنْهَا مُعْرِضِينَ

Dan tidak ada suatu ayatpun dari ayat-ayat [458] Tuhan sampai kepada mereka, melainkan mereka selalu berpaling dari padanya (mendustakannya).

[458] "Ayat" di sini berarti mu'jizat atau ayat Al-Quraan atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam alam yang menunjukkan kekuasaan Allah.

Dalam ayat ini Allah swt. menjelaskan sikap orang musyrikin yang sama sekali tidak dapat menanggapi dalil-dalil dan bukti-bukti kebenaran ayat ayat Alquran. Ayat-ayat yang menjelaskan bukti-bukti Keesaan Allah, hari berbangkit dan keluasan ilmu-Nya, tidak mereka renungkan. Bahkan mereka tidak pula berusaha mencari petunjuk dari tanda-tanda alamiah yang mereka saksikan di permukaan bumi ini ataupun di dalam diri mereka sendiri. Semua ayat-ayat Alquran yang menunjuk kepada ayat-ayat alamiah dan meneguhkan kenabian Muhammad saw. semuanya mereka tinggalkan dan dustakan. Mereka acuh tak acuh dan tidak mau merenungkan ayat-ayat alamiah padahal ayat-ayat itulah yang menunjukkan adanya Tuhan Yang Maha Esa yang menguasai dan mengurusi alam semesta ini dan tidak ada Tuhan Yang disembah kecuali Dia.

Sekiranya mereka tidak berpaling dari ayat-ayat Allah karena keras kepala atau fanatik kepada pemimpin-pemimpin mereka, tentu tampaklah kebenaran bagi mereka dan tentu pula mereka tidak akan ragu-ragu serta tidak pula menentang ajaran Rasul saw.

Senada dengan ayat ini, Allah berfirman di awal surah Al Anbiya

مَا يَأْتِيهِمْ مِنْ ذِكْرٍ مِنْ رَبِّهِمْ مُحْدَثٍ إِلَّا اسْتَمَعُوهُ وَهُمْ يَلْعَبُونَ(2)لَاهِيَةً قُلُوبُهُمْ

Artinya:
Tidak datang kepada mereka suatu ayat Alquran pun yang baru (diturunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya. sedang mereka bermain-main lagi hati mereka dalam keadaan lalai.
(Q.S Al Anbiya': 2-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.