Tafsir Surah Al Maidah 70

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 70

لَقَدْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَأَرْسَلْنَا إِلَيْهِمْ رُسُلاً كُلَّمَا جَاءهُمْ رَسُولٌ بِمَا لاَ تَهْوَى أَنْفُسُهُمْ فَرِيقًا كَذَّبُواْ وَفَرِيقًا يَقْتُلُونَ

Sesungguhnya Kami telah mengambil perjanjian dari Bani Israil [432], dan telah Kami utus kepada mereka rasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yang yang tidak diingini oleh hawa nafsu mereka, (maka) sebagian dari rasul-rasul itu mereka dustakan dan sebagian yang lain mereka bunuh.

[432] Perjanjian itu ialah : mereka beriman kepada Allah dan rasul-rasulNya.

Ayat ini menerangkan bahwa Allah mengambil janji dari Bani Israel yaitu berupa ikrar mereka beriman kepada Allah dan mengamalkan isi Taurat selaku syariat yang diturunkan Allah kepada mereka. Untuk memberikan penjelasan isi kitab tersebut Allah mengutus rasul-rasul-Nya kepada mereka. Akan tetapi setiap kali datang kepada mereka seorang rasul yang membawa petunjuk yang sesuai dengan keinginan nafsu, mereka perlakukan rasul itu dengan perlakuan yang sangat keji, yaitu mereka hadapi dengan tantangan-tantangan.

Segolongan mereka bertingkah laku mendustakan rasul dan sebagian mereka bertingkah laku menganiaya dan membunuh rasul. Hal itu menunjukkan betapa jahatnya tingkah laku mereka sehingga petunjuk yang dibawa oleh rasul tidak sedikit pun berkesan pada hati mereka, malahan kekufuran dan kelaliman mereka yang semakin bertambah-tambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.