Tafsir Surah Al Maidah 115

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 115


قَالَ اللّهُ إِنِّي مُنَزِّلُهَا عَلَيْكُمْ فَمَن يَكْفُرْ بَعْدُ مِنكُمْ فَإِنِّي أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لاَّ أُعَذِّبُهُ أَحَدًا مِّنَ الْعَالَمِينَ

Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia".

Dalam ayat ini diterangkan bahwa Allah swt. menjawab doa tersebut dengan menegaskan bahwa Dia mengabulkan doa tersebut. Dia akan menurunkan hidangan sesuai dengan permintaan mereka itu. Tetapi dengan syarat bahwa sesudah turunnya hidangan itu, tak boleh ada di antara mereka yang masih saja tetap kafir, atau kembali kafir sesudah beriman, karena apabila masih saja ada yang demikian, maka sikap dan perbuatan itu adalah keterlaluan, dan Allah akan mengazabnya dengan azab yang luar biasa hebatnya yang tidak pernah ditimpakan-Nya kepada orang-orang kafir lainnya di dunia ini, karena mereka telah diberi pelajaran-pelajaran dan keterangan-keterangan tentang kekuasaan dan kebesaran Allah kemudian diberi pula bukti nyata yang dapat mereka saksikan dengan pancaindra mereka sendiri, dan berfaedah pula bagi mereka baik rohaniah maupun jasmaniah. Apabila masih saja ada di antara mereka yang kafir sesudah itu maka sepantasnyalah ia ditimpa kemurkaan dan azab Allah, yang melebihi azab yang ditimpakan kepada orang-orang kafir lainnya.

Berbeda-beda pendapat para ulama mengenai macamnya makanan yang diturunkan Allah dalam hidangan tersebut. Tetapi masalah tersebut bukanlah masalah yang penting untuk dibicarakan. Alquran sendiri tidak menyebutkannya demikian pula Rasulullah saw. Yang perlu kita perhatikan ialah hubungan sebab dan akibat, serta isi dan tujuan dari kisah tersebut, untuk kita jadikan itu iktibar dan pelajaran guna memperkokoh iman dan keyakinan kita kepada Allah dengan segala sifat-sifat kesempurnaan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.