Tafsir Surah Al Maidah 113

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 113


قَالُواْ نُرِيدُ أَن نَّأْكُلَ مِنْهَا وَتَطْمَئِنَّ قُلُوبُنَا وَنَعْلَمَ أَن قَدْ صَدَقْتَنَا وَنَكُونَ عَلَيْهَا مِنَ الشَّاهِدِينَ

Mereka berkata: "Kami ingin memakan hidangan itu dan supaya tenteram hati kami dan supaya kami yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, dan kami menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu".

Dalam ayat ini Allah menceritakan ucapan kaum Hawariyin selanjutnya kepada Nabi Isa a.s., setelah Isa menyuruh mereka beriman kepada Allah swt. dan beramal serta bekerja dan bertawakal kepada-Nya, dan tidak mengajukan permintaan semacam itu. Kaum Hawariyin itu berkata, "Kami beriman sepenuhnya atas kekuasaan Allah, akan tetapi kami mengajukan permintaan itu, karena kami memerlukan makanan, dan kami tidak mendapatkan makanan yang lain, sedang kami merasa lapar. Di samping itu, apabila kami dapat menyaksikan turunnya hidangan itu, serta dapat merasakan kelezatannya, maka iman kami akan bertambah kuat, karena pengetahuan yang berdasarkan teori dan dalil-dalil bila disertai dengan fakta yang berdasar penyaksian mata kepala sendiri tentu akan menghasilkan ilmu yakin. Dan dengan demikian kami pun akan dapat pula menjadi saksi terhadap orang-orang yang tidak menyaksikan turunnya hidangan itu dan tidak turut memakannya, sehingga mereka pun akan turut beriman pula, dan bertambah kuat pula keyakinan mereka karena persaksian dari kami."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.