Tafsir Surah Al Maidah 111

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 111


وَإِذْ أَوْحَيْتُ إِلَى الْحَوَارِيِّينَ أَنْ آمِنُواْ بِي وَبِرَسُولِي قَالُوَاْ آمَنَّا وَاشْهَدْ بِأَنَّنَا مُسْلِمُونَ

Dan (ingatlah), ketika Aku ilhamkan kepada pengikut 'Isa yang setia: "Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada rasul-Ku". Mereka menjawab: Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai rasul) bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang patuh (kepada seruanmu)".

Dalam ayat ini Allah swt. menjelaskan sikap kaum Hawariyin, yaitu suatu kelompok dari Bani Israel yang menerima baik agama Allah yang disampaikan oleh Nabi Isa. Allah mengilhamkan kepada kaum Hawariyin itu agar mereka beriman kepada Allah dan kepada Rasul-Nya, yaitu Nabi Isa a.s. Lalu mereka berkata kepada Nabi Isa a.s., "Kami telah beriman dan saksikanlah, bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang patuh kepada seruanmu." Maksudnya mereka beriman dan menerima seruan Nabi Isa, dan akan melaksanakan semua perintah-perintahnya, sebagai bukti dari iman tersebut.

Arti nikmat Allah kepada Nabi Isa dalam hal ini ialah bahwa ia telah mendapat sambutan baik dari kaum Hawariyin, sehingga mereka mencintai dan mematuhinya. Dan ini tidak hanya merupakan nikmat bagi Nabi Isa semata-mata melainkan juga nikmat bagi ibunya, sebab setiap nikmat yang diperoleh seorang anak, juga mendatangkan kegembiraan dan kebahagiaan bagi ibunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.