Tafsir Surah Al Maidah 104

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-Maidah 104


وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْاْ إِلَى مَا أَنزَلَ اللّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ قَالُواْ حَسْبُنَا مَا وَجَدْنَا عَلَيْهِ آبَاءنَا أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لاَ يَعْلَمُونَ شَيْئًا وَلاَ يَهْتَدُونَ

Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rasul". Mereka menjawab: "Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya". Dan apakah mereka itu akan mengikuti nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk ?.

Dalam ayat ini Allah menjelaskan sikap keras kepalaNya orang-orang kafir itu, sehingga apabila mereka diajak untuk hanya mengikuti hukum-hukum Allah yang telah ada dalam Alquran yang dikuatkan dengan bermacam-macam alasan dan bukti-bukti yang jelas dan mengikuti penjelasan-penjelasan yang telah disampaikan Rasulullah, maka mereka menolaknya, dan mengatakan bahwa mereka sudah cukup apa yang mereka warisi dari nenek moyang mereka.

Selanjutnya, Allah swt. mengecam sikap mereka itu dan menjelaskan bahwa mereka tidak patut mengikuti suatu apa pun tentang syariat, dan tidak pula mendapat petunjuk dari Allah kepada jalan yang lurus untuk mencapai kemaslahatan dunia dan akhirat.

Nenek moyang mereka itu adalah orang-orang yang buta huruf dan masih sederhana tingkat pemikirannya, dan belum mempunyai pengetahuan yang benar, yang dapat membedakan antara yang benar dan yang batil. Pikiran mereka masih diliputi kepercayaan-kepercayaan, dan khurafat-khurafat yang salah, serta tata cara hidup yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan yang normal, misalnya membunuh anak perempuan, peperangan dan permusuhan antara kabilah-kabilah, perlakuan yang rendah terhadap anak yatim dan kaum wanita, dan sebagainya.

Mengenai sikap orang-orang kafir yang semacamnya itu, dalam ayat lain disebutkan pula sebagai berikut:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا وَجَدْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا أَوَلَوْ كَانَ الشَّيْطَانُ يَدْعُوهُمْ إِلَى عَذَابِ السَّعِيرِ

Artinya:
Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Ikutilah apa yang diturunkan Allah." Mereka menjawab, "(Tidak), tapi kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya." Dan apakah mereka (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun setan itu menyeru mereka ke dalam siksa api neraka yang menyala-nyala (neraka)?"
(Q.S. Luqman: 21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.