Al Baqarah 251

💬 : 0 comment

Tafsir Indonesia DEPAG Surah Al-Baqarah 251


Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah, (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.(QS. 2:251)

فَهَزَمُوهُمْ بِإِذْنِ اللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُدُ جَالُوتَ وَآتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهُ مِمَّا يَشَاءُ وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَفَسَدَتِ الْأَرْضُ وَلَكِنَّ اللَّهَ ذُو فَضْلٍ عَلَى الْعَالَمِينَ

Kemudian tentara Thalut mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan dalam peperangan itu Nabi Daud yang juga ikut berperang berhasil membunuh raja Jalut.

Sebelum terjadi peperangan yang dahsyat itu, raja Jalut yang tubuhnya sangat besar dan tinggi dan memakai baju besi, dengan penuh kesombongan menantang untuk melakukan perang tanding seorang lawan seorang. Dan dari pihak Bani Israil sendiri tidak ada yang berani tampil ke muka untuk melayani tantangan itu, maka datanglah seorang pemuda pengembala kambing yaitu Daud (yang kemudian jadi nabi) dan beliau menyatakan kesediaannya untuk menghadapi raja Jalut. Ternyata yang dipergunakannya hanya sebuah alat pelempar batu yang selalu dipergunakan untuk melindungi kambing-kambingnya dari serangan serigala. Karena raja Jalut ini memakai baju besi, maka sukar sekali ditembus badannya dengan batu. Karena itu Daud dengan kepandaiannya membidik lobang di antara dua matanya untuk jadi sasarannya, ternyata lemparan beliau tepat mengenai sasaran dan sampai raja Jalut roboh seketika karena dahinya ditembus oleh peluru batu itu.

Setelah itu Daud mengambil pedangnya dan memenggal leher Jalut sehingga putus dan terpisah dari badannya. Maka dengan gugurnya raja Jalut itu, buyarlah seluruh kaum Amaliqah karena rajanya telah terbunuh. Seluruh tentara Bani Israil dengan suara gemuruh dan gegap gempita menyambut Daud yang kemudian dijadikan menantu oleh raja Thalut sebagai penghargaan atas jasanya.

Selain kemenangan itu Allah swt. menganugerahkan pula hikmah dan kerajaan kepada Daud sehingga beliaulah orang yang pertama-tama merangkap dua jabatan sekaligus yaitu jadi nabi dan raja.

Seandainya Allah swt. tidak menolak keganasan sebagian manusia dengan sebagian yang lain, maka rusaklah bumi ini; dan seandainya Allah tidak menolak orang-orang jahat dan zalim dengan orang-orang yang berbuat kebajikan niscayalah kejahatan itu akan tambah merajalela dan menghancurkan orang-orang yang baik. Akan tetapi Allah sengaja mengatur benteng-benteng pertahanan itu karena Allah mempunyai karunia yang dianugerahkan kepada semesta alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar!
Apabila ada penulisan yang salah atau kurang tepat.