11.12.2014

Al A'raf 205

Tafsir Indonesia Depag Surah Al-A'raf Ayat 205


وَاذْكُر رَّبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعاً وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلاَ تَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ

Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

Dalam ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya beserta umatnya untuk menyebut nama Allah swt. atau berzikir kepadanya. Baik zikir itu dengan membaca Alquran, tasbih, tahlil, doa atau pun pujian lain-lainnya menurut tuntunan agama. Kemudian Allah swt. menggariskan bagi kita adab dan cara berzikir atau menyebut nama Allah itu sebagai berikut:
  1. Zikir itu dilakukan dalam hati karena zikir dalam hati menunjukkan keikhlasan, jauh daripada riya dan dekat pada perkenan Allah swt.
  2. Zikir itu dilakukan dengan penuh kerendahan hati (tawaduk), merasa hina di hadapan keagungan Allah swt. disertai dengan pengakuan akan keterbatasan kemampuan diri sendiri.
  3. Zikir itu didorong oleh rasa takut terhadap kekuasaan Allah swt. dan kebesaran-Nya, takut kepada azab dan hukumannya karena kurangnya amal ibadah untuk lebih merendahkan hati dl hadapan Allah swt.
  4. Zikir dibaca dengan suara lembut, tidak keras karena membaca dengan suara yang lembut itu lebih mudah untuk tafakkur dengan baik. Diriwayatkan bahwa dalam suatu perjalanan, Nabi mendengar orang berdoa dengan suara keras, berkatalah beliau kepada mereka itu:

    يا أيها الناس أربعوا على أنفسكم فإنكم لا تدعون أصم ولا غائبا إن الذين تدعونه سميع قريب أقرب إلى أحدكم

    Artinya:
    "Hai manusia kasihanilah dirimu, sesungguhnya kamu tidak menyeru kepada yang tuli atau yang jauh daripadamu. Sesungguhnya yang kamu seru itu adalah Allah Maha Mendengar dan Maha Dekat. Dia lebih dekat kepadamu dari leher (unta) kendaraanmu."
    (H.R Ibnu Majah)
  5. Zikir itu dengan lidah, tidak hanya dengan hati saja, lidah mengucapkan dan hati mengikutinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tafsir Al-Quran Kemenag Online

Promoted Link: MP3 Nasyid Sponsored By: Gratis Template By: Habib